Disusun Oleh :
Fahsya Permana Putra
Fikri Harjo Yudhanto
Dhea Widyana Putri
Vivi Rizqia
8 Golden Rules
1. Strive For Consistency
E-Commerce
Bukalapak menerapkan prinsip konsisten karena isi konten dari tampilannya tidak
berubah-ubah.
2. Enable Frequent User To Use Shortcurt
E-Commerce bukalapak telah menerapkan
prinsip enable frequent user to use shortcurt yang dapat membantu user
memudahkan dalam memilih menu-menu yang ada di Bukalapak seperti gambar dibawah
ini.
3. Offer Informative Feedback
E-Commerce Bukalapak memberikan
feedback ketika user telah memilih barang yang akan dibeli kemudian user
memilih menu “Tambahkan ke Keranjang”, maka Bukalapak memberikan feedback
sebagai berikut.
4. Design Dialogs To Yield Closure
E-Commerce
Bukalapak menerapkan prinsip “Design Dialog To Yield Closure”, yaitu
mengingatkan user bahwa proses transaksi belum selesai.
5.
Prevent Error
E-Commerce Bukalapak telah
menerapkan prinsip “Prevent Error”, yaitu mengingatkan user untuk mengisi email
yang aktif serta passwordnya mengandung minimal 4 karakter pada saat user
melakukan daftar akun.
6.
Permit Easy Reversal Of Action
E-Commerce Bukalapak tidak
menerapkan prinsip “Permit Easy Reversal Of Action” karena tidak ada button
untuk cancel atau back apabila user tidak ingin melanjutkan pemesanan barang.
7.
Support Internal Locus Of Control
E-Commerce Bukalapak menerapkan prinsip
“Support Internal Locus Of Control”,
yaitu menyediakan fasilitas untuk menambah alamat jika user ingin
mengirimkan barang ke alamat yang lain.
8.
Reduce Short Term Memory Load
Web bukalapak sudah menerapkan prinsip
“Reduce Short Term memory” karena user tidak perlu mengingat nomor tagihan
ketika user telah melakukan pembelian barang, nomor tagihan tersebut telah
dikirim melalui sms sehingga user tidak perlu membuka web
setiap kali user ingin melihat nomor tagihan tersebut.
16 Prinsip
1. Accesbility
Pada prinsip ini, ui yang diterapkan harus mampu diakses oleh seluruh
kalangan yang memang menjadi target.
Untuk website bukalapak.com, website mudah untuk diterapkan oleh
targetnya. Penggunaan icon, gambar, dan keterangan dari setiap tombol untuk
fungsionalitas sangat rinci dan jelas, juga pengelompokan menu mudah dipahami
2. Aesthetically
Pada prinsip ini, ui yang diterapkan harus mampu membuat mata pengguna
merasa nyaman dan tertarik
Untuk website bukalapak.com, website menggunakan beberapa icon, gambar
dan animasi sehingga membuat user merasa nyaman. Selain itu juga warna tampilan
yang digunakan selaras dan tidak terlalu banyak. Penggunaan warna juga tidak
terlalu tajam sehingga tidak menyakiti mata saat dibaca
3. Availability
Pada prinsip ini, website diharuskan selalu menampilkan menu default dari
website tersebut.
Pada aplikasi bukalapak.com, menu2 utama tidak pernah hilang selalu
diatas sehingga prinsip ini jelas dilaksanakan dengan baik.
4. Clarity
Pada prinsip ini, seluruh tulisan, keterangan ataupun icon harus terlihat
secara jelas. Prinsip
ini digunakan pada bukalapak.com, karena setiap icon yang digunakan benar-benar
mendeskripsikan fungsinya dengan baik. Penjelasan dan keterangan pun
menggunakan kata-kata yang baik dan efektif sehingga tidak memusingkan user
saat dibaca.
5. Compatibility
- User
Compatibility
Web ini sudah menerapkan user
compatibility karena dapat dimengerti oleh berbagai user.
- Task and job Compatibility
Web bukalapak ini struktur dan alirannya sudah sesuai dan memudahkan user pemula dalam menggunakannya.
Web bukalapak ini struktur dan alirannya sudah sesuai dan memudahkan user pemula dalam menggunakannya.
- Product Compatibility
Web
ini sudah menerapkan prinsip product compatibility dikarenakan produk-produk
disertai dengan gambar-gambar yang menarik beserta keterangan nya seperti nama,
harga, dll.
6. Configurability
Pada prinsip ini, dijelaskan bahwa user boleh mengkonfigurasi beberapa
hal dalam website.
Bukalapak.com tidak terlalu memberikan fasilitas ini ke user, tetapi
bukalapak.com memberikan fitur untuk mengkonfigurasi data diri dan foto profile
yang mungkin dapat membuat user betah untuk berlama-lama didalam aplikasi.
7. Consistency
Dalam prinsip ini, aplikasi ditekankan untuk dapat memberikan tampilan
yang konsisten. Pada bukalapak.com, tampilan dapat dibilang konsisten mulai
dari peletakan tombol dan juga penggunaan warna atau template ui. Dengan
konsistennya tampilan, user tidak merasa bingung saat pengoperasian aplikasi.
8. Control
Pada tahap ini, aplikasi ditekankan untuk dapat memberikan kontrol atas
semua yang ada di aplikasi.
Pada bukalapak.com, semua hal mampu dikontrol oleh user sehingga
memberikan kepuasan lebih kepada user.
9. Directness
Pada tahap ini, setiap aksi yang dilakukan oleh user harus terlihat
hasilnya. Pada
website bukalapak.com, setiap aksi sudah menghasilkan hasil yang langsung
terlihat oleh user. Seperti setiap tombol ketika di klik langsung menyambungkan
ke halaman lain atau ada tampilan yang keluar. Oleh karena itu, website ini
menggunakan prinsip ini
10. Efficiency
Pada prinsip ini, gerakan tangan user harus seminim mungkin. Pada website
bukalapak.com, tampilan yang dirancang sudah memiliki pengkategorian yang baik
sehingga gerakan tangan dan mata dari user tidak terlalu banyak atau
berlebihan. Oleh karena itu, website bukalapak.com menggunakan prinsip ini
dengan baik.
11. Familiarity
Pada prinsip ini, user interface pada website harus familiar sehingga
user tidak merasa bingung dan mudah memahami fungsionalitas dengan baik. Pada website yang kami
teliti, familiarity terjalin dengan baik karena tampilan menggunakan icon-icon
yang sudah sering kita lihat. Selain itu template yang digunakan pun sudah
sangat umum seperti menu-menu pengkategorian berada di atas kiri, menu login
dan register ada di sisi kanan, dll seperti ui yang telah digunakan web-web lain
sehingga sasaran dari prinsip ini terjalin dengan baik.
12. Flexibility
Web bukalapak sangat fleksibel digunakan untuk kalangan user dengan
pengetahuan maupun kebiasaan yang bervariasi.
13. Forgiveness
Forgiveness adalah sebuah prinsip dalam pembuatan ui di mana sistem harus
mampu memperingatkan segala tindakan user jika tindakan itu membahayakan.
Contohnya adalah jika kita ingin logout, harus ditanyakan terlebih dahulu oleh
sistem apakah kita yakin untuk di logout.
Pada website ini forgiveness terjalin dengan baik karena memang dari
website ini banyak sekali pemberitahuan dari sistem ke user sangat banyak.
14. Immersion
Web bukalapak sudah memenuhi prinsip
immersion karena begitu user mengakses halaman web, user langsung fokus pada
berbagai hal tentang bukalapak seperti produknya.
15. Obviousness
Obviousness adalah prinsip di mana fungsionalitas dapat mudah dipahami
oleh user melalui tampilannya.
Pada bukalapak.com, tampilan sangat membantu menjelaskan fungsionalitas
yang ada, seperti penambahan jumlah barang diberikan lambang +, ingin belanja
diberikan logo keranjang dan lain sebagainya.
16. Operability
Operability adalah prinsip yang mengharuskan sistem untuk mampu dengan
mudah dioperasikan oleh siapapun.
Pada website bukalapak.com, operability terjalin dengan baik karena aliran
tampilan yang pas. Selain itu juga menu-menu yang default tidak hilang jika
terscroll dan segala macamnya, sehingga mudah dioperasikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar