Senin, 11 September 2017

Disusun Oleh :

Fahsya Permana Putra
Fikri Harjo Yudhanto
Dhea Widyana Putri
Vivi Rizqia
                                                       


8 Golden Rules
   1. Strive For Consistency
                        E-Commerce Bukalapak menerapkan prinsip konsisten karena isi konten dari tampilannya tidak  berubah-ubah.

2.  Enable Frequent User To Use Shortcurt
                                 E-Commerce bukalapak telah menerapkan prinsip enable frequent user to use shortcurt yang dapat membantu user memudahkan dalam memilih menu-menu yang ada di Bukalapak seperti gambar dibawah ini.    



3. Offer Informative Feedback
            E-Commerce Bukalapak memberikan feedback ketika user telah memilih barang yang akan dibeli kemudian user memilih menu “Tambahkan ke Keranjang”, maka Bukalapak memberikan feedback sebagai berikut.

  4.       Design Dialogs To Yield Closure
                   E-Commerce Bukalapak menerapkan prinsip “Design Dialog To Yield Closure”, yaitu mengingatkan user bahwa proses transaksi belum selesai.

  5.      Prevent Error
            E-Commerce Bukalapak telah menerapkan prinsip “Prevent Error”, yaitu mengingatkan user untuk mengisi email yang aktif serta passwordnya mengandung minimal 4 karakter pada saat user melakukan daftar akun.

  6.      Permit Easy Reversal Of Action
            E-Commerce Bukalapak tidak menerapkan prinsip “Permit Easy Reversal Of Action” karena tidak ada button untuk cancel atau back apabila user tidak ingin melanjutkan pemesanan barang.

  7.      Support Internal Locus Of Control
      E-Commerce Bukalapak menerapkan prinsip “Support Internal Locus Of Control”,  yaitu menyediakan fasilitas untuk menambah alamat jika user ingin mengirimkan barang ke alamat yang lain.

  8.      Reduce Short Term Memory Load
            Web bukalapak sudah menerapkan prinsip “Reduce Short Term memory” karena user tidak perlu mengingat nomor tagihan ketika user telah melakukan pembelian barang, nomor tagihan tersebut telah dikirim  melalui  sms sehingga user tidak perlu membuka web setiap kali user ingin melihat nomor tagihan tersebut.


16 Prinsip
  1.      Accesbility
Pada prinsip ini, ui yang diterapkan harus mampu diakses oleh seluruh kalangan yang memang menjadi target.
Untuk website bukalapak.com, website mudah untuk diterapkan oleh targetnya. Penggunaan icon, gambar, dan keterangan dari setiap tombol untuk fungsionalitas sangat rinci dan jelas, juga pengelompokan menu mudah dipahami
  2.      Aesthetically
Pada prinsip ini, ui yang diterapkan harus mampu membuat mata pengguna merasa nyaman dan tertarik
Untuk website bukalapak.com, website menggunakan beberapa icon, gambar dan animasi sehingga membuat user merasa nyaman. Selain itu juga warna tampilan yang digunakan selaras dan tidak terlalu banyak. Penggunaan warna juga tidak terlalu tajam sehingga tidak menyakiti mata saat dibaca
   3.      Availability
Pada prinsip ini, website diharuskan selalu menampilkan menu default dari website tersebut.
Pada aplikasi bukalapak.com, menu2 utama tidak pernah hilang selalu diatas sehingga prinsip ini jelas dilaksanakan dengan baik.
   4.      Clarity
Pada prinsip ini, seluruh tulisan, keterangan ataupun icon harus terlihat secara jelas. Prinsip ini digunakan pada bukalapak.com, karena setiap icon yang digunakan benar-benar mendeskripsikan fungsinya dengan baik. Penjelasan dan keterangan pun menggunakan kata-kata yang baik dan efektif sehingga tidak memusingkan user saat dibaca.
   5.      Compatibility
    - User Compatibility 
          Web ini sudah menerapkan user compatibility karena dapat dimengerti oleh berbagai user.
    - Task and job Compatibility
          Web bukalapak ini struktur dan alirannya sudah sesuai  dan memudahkan user pemula dalam           menggunakannya.
   - Product Compatibility
          Web ini sudah menerapkan prinsip product compatibility dikarenakan produk-produk disertai dengan gambar-gambar yang menarik beserta keterangan nya seperti nama, harga, dll.
   6.      Configurability
Pada prinsip ini, dijelaskan bahwa user boleh mengkonfigurasi beberapa hal dalam website.
Bukalapak.com tidak terlalu memberikan fasilitas ini ke user, tetapi bukalapak.com memberikan fitur untuk mengkonfigurasi data diri dan foto profile yang mungkin dapat membuat user betah untuk berlama-lama didalam aplikasi.
   7.      Consistency
Dalam prinsip ini, aplikasi ditekankan untuk dapat memberikan tampilan yang konsisten. Pada bukalapak.com, tampilan dapat dibilang konsisten mulai dari peletakan tombol dan juga penggunaan warna atau template ui. Dengan konsistennya tampilan, user tidak merasa bingung saat pengoperasian aplikasi.
   8.      Control
Pada tahap ini, aplikasi ditekankan untuk dapat memberikan kontrol atas semua yang ada di aplikasi.
Pada bukalapak.com, semua hal mampu dikontrol oleh user sehingga memberikan kepuasan lebih kepada user.
   9.      Directness
Pada tahap ini, setiap aksi yang dilakukan oleh user harus terlihat hasilnya. Pada website bukalapak.com, setiap aksi sudah menghasilkan hasil yang langsung terlihat oleh user. Seperti setiap tombol ketika di klik langsung menyambungkan ke halaman lain atau ada tampilan yang keluar. Oleh karena itu, website ini menggunakan prinsip ini
   10.  Efficiency
Pada prinsip ini, gerakan tangan user harus seminim mungkin. Pada website bukalapak.com, tampilan yang dirancang sudah memiliki pengkategorian yang baik sehingga gerakan tangan dan mata dari user tidak terlalu banyak atau berlebihan. Oleh karena itu, website bukalapak.com menggunakan prinsip ini dengan baik.
   11.  Familiarity
Pada prinsip ini, user interface pada website harus familiar sehingga user tidak merasa bingung dan mudah memahami fungsionalitas dengan baik. Pada website yang kami teliti, familiarity terjalin dengan baik karena tampilan menggunakan icon-icon yang sudah sering kita lihat. Selain itu template yang digunakan pun sudah sangat umum seperti menu-menu pengkategorian berada di atas kiri, menu login dan register ada di sisi kanan, dll seperti ui yang telah digunakan web-web lain sehingga sasaran dari prinsip ini terjalin dengan baik.
   12.  Flexibility
Web bukalapak sangat fleksibel digunakan untuk kalangan user dengan pengetahuan maupun kebiasaan yang bervariasi.
   13.  Forgiveness
Forgiveness adalah sebuah prinsip dalam pembuatan ui di mana sistem harus mampu memperingatkan segala tindakan user jika tindakan itu membahayakan. Contohnya adalah jika kita ingin logout, harus ditanyakan terlebih dahulu oleh sistem apakah kita yakin untuk di logout.
Pada website ini forgiveness terjalin dengan baik karena memang dari website ini banyak sekali pemberitahuan dari sistem ke user sangat banyak.
   14.  Immersion
 Web bukalapak sudah memenuhi prinsip immersion karena begitu user mengakses halaman web, user langsung fokus pada berbagai hal tentang bukalapak seperti produknya.
   15.  Obviousness
Obviousness adalah prinsip di mana fungsionalitas dapat mudah dipahami oleh user melalui tampilannya.
Pada bukalapak.com, tampilan sangat membantu menjelaskan fungsionalitas yang ada, seperti penambahan jumlah barang diberikan lambang +, ingin belanja diberikan logo keranjang dan lain sebagainya.
   16.  Operability
Operability adalah prinsip yang mengharuskan sistem untuk mampu dengan mudah dioperasikan oleh siapapun.
Pada website bukalapak.com, operability terjalin dengan baik karena aliran tampilan yang pas. Selain itu juga menu-menu yang default tidak hilang jika terscroll dan segala macamnya, sehingga mudah dioperasikan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar